Lomba Menulis Novel, Cerpen, dan Puisi Gratis Tingkat Dunia

Kompetisi Fiksi Tingkat Internasional 

Kompetisi menulis novel, cerpen, puisi gratis tingkat dunia biasanya selalu dibuka tahunan. Saya sendiri pernah mengikuti salah satu ajang kompetisi ini di akhir Desember 2019 kemarin.

Hasilnya? Patut disyukuri. Meskipun bukan sebagai pemenang, tetapi menjadi salah satu finalis terpilih adalah suatu hal yang juga harus disyukuri.

Berikut adalah daftar kompetisi menulis fiksi internasional yang dibuka tahun ini. Deadlines dan detail bisa saja terkadang berubah, jadi harap ditinjau kembali pada web bersangkutan untuk semua ketentuan dan syarat terbaru.

lomba menulis fiksi gratis

The Commonwealth Short Story Prize

Lomba tahunan yang mencari naskah original, tidak pernah dipublikasikan dengan ketentuan panjang naskah antara 2000 sampai 5000 kata. 

Ajang ini disponsori oleh The Commonwealth Foundation. Partisipan dapat berasal dari wilayah Afrika, Asia, Kanada, Eropa, dan Karribian Pasifik. 

Peserta adalah penduduk dari negara bagian Commonwealth. Masing-masing pemenang wilayah akan mendapat £2500 dan pemenang tunggal dari semua wilayah akan mendapat £5000.

Pendaftaran gratis. Masing-masing penulis hanya bisa menyetor satu naskah. Lomba ditutup pada 1 November. Lebih lengkap silahkan kunjungi website commonwealth.

ServiceScape Short Story Award 2020

Kompetisi menulis cerita pendek tingkat global yang pernah saya ikuti. Perjalanan panjang hingga akhirnya naskah saya menjadi finalis terpilih. Jika penasaran, baca di artikel “Cerpenku menang lomba Internasional”. 

Barangkali jika kalian juga berencana ikutan juga, mungkin saja pengalaman dan pelajaran apa saja yang harus dipertimbangkan bisa membantu kalian. Syukur-syukur jika bisa menjadi pemintas rezeki. Kita sama-sama berbagi.

Penghargaan ini mengusung tema bebas. Semua pelamar harus menyerahkan karya original yang belum dipublikasikan baik fiksi atau non fiksi. 

Panjang naskah maksimal 5000 kata. Selama menerima hadiah sebanyak US$1000, naskah pemenang akan dipublikasikan dalam situs ServiScape yang mana dalam sebulan dapat dibaca oleh ribuan pengunjung. 

Ketentuan dan persyaratan bisa kalian lihat dalam website servicescape.

The Master Review Fall Fiction Contest

Kompetisi ini dibuka khusus untuk penulis imigran. Naskah harus sampai dari 6000 kata. Pemenang akan menerima US$2000 dan publikasi. Pendaftaran akan ditutup pada 20 November.

Baltimore Review’s Winter Contest

Terbuka untuk naskah cerita pendek/cerpen, puisi, dan non fiksi kreatif. Tema yang diangkat dalam kontes ini adalah konsep ‘ritual’. 

Hadiah yang dihadiahkan US$500, $200, dan $100 akan dianugerahkan dan semua naskah akan diseleksi untuk publikasi. Pendaftaran ditutup pada 30 November.

Gregory O’Donoghue International Poetry Competition

Kompetisi ini dicanangkan oleh Pusat Kementrian Literasi Irlandia. Mereka mengundang semua penulis imigran dan menerima puisi dari penulis dari seluruh dunia. 

Kompetisi ini diadakan tahunan, sehingga setiap tahun selalu diselenggarakan.

Pemenangnya akan menerima €3000 ditambah lima hari workshop kepenulisan cerita pendek di Festival West Cork Literary. 

Sepuluh cerita pendek akan dipublikasikan dalam 2020 Fish Anthology. Pendaftaran akan berakhir pada 30 November.

Robert J. Demott Short Prose Contest

Terbuka untuk naskah 500 kata atau kurang dan penulis harus menyerahkan tiga lembar kerja dengan masing-masing naskah. 

Hadiah juara pertama adalah US$1008,15 dan publikasi karya dalam Quarter After Eight. Pengiriman karya ditutup pada 30 November.

Headlight Review Chapbook Prize

Menawarkan hadiah juara pertama sebesar US$500. Karya pemenang akan dipublikasi dan pemenang akan menerima 25 kopi hasil cetakan buku. 

Kompetisi ini terbuka untuk penulis seluruh dunia dan penyerahan naskah ditutup pada 1 Desember.

Porter House Review Editor’s Prize in Fiction

Lomba ini terbuka untuk naskah sampai dari 8000 kata. 

Kompetisi akan dinilai oleh juri bernama Carmen Maria Machado, penulis buku Her Body and Other Parties(finalis dalam penghargaan buku nasional). 

Pemenang akan menerima US$1000 dan publikasi. Penyerahan naskah ditutup pada 1 Desember

Fiddlehead’s Annual Poetry Contest

Kompetisi ini menawarkan juara pertama dengan hadiah CA$2000. 

Dengan ketentuan masing-masing naskah, puisi harus diserahkan sebayak tiga naskah dengan maksimum masing-masing 100 baris. 

Deadline pada 2 Desember. 

RSL’s Literature Matters Awards

Bertujuan untuk memberikan penghargaan yang memungkinkan keunggulan literatur dan inovasi.

Penghargaan akan diberikan pada penulis individu atau creator literasi lain, tergantung penghargaan mereka di masa lalu dan menyediakan mereka dukungan finansial untuk diajukan menjadi bagian dari proyek kepenulisan literasi. 

Pendaftar harus dari penduduk tetap UK. Deadline 5 Desember.

Strokestown International Poetry Competition

Menawarkan penghargaan untuk juara pertama sebesar €2000 ditambah publikasi. 

Sepuluh naskah puisi dari pengarang yang terpilih akan diundang pada Festival Strokestown Poetry di Negeri Roscommon di Irlandia Barat  untuk membaca hasil karya mereka serta masing-masing menerima sebuah bayaran membaca sebesar €300 dan publikasi di Antologi Festival. 

Penerimaan karya terakhir pada 6 Desember.

Hamlin Garland Award for The Short Story

Penghargaan yang diberikan untuk pemenang sebesar US$2000 dan publikasi dalam Jurnal Fiksi Beloit pada cerita terbaik kategori tema apapun. Cerita harus sampai dari 7000 kata. 

Penyerahan karya terakhir pada 10 Desember.

Nillumbik Prize for Contemporary Writing

Kompetisi ini terbuka untuk penulis yang menetap di Australia dan menawarkan hadiah untuk jenis fiksi dan non fiksi. Juara pertama untuk masing-masing kategori adalah AUD$5000. 

Pendaftaran dan penyerahan karya ditutup pada 12 Desember.

The Sunday Times Short Story Prize

Kompetisi menulis ini tergolong kompetisi cerita pendek terkaya di dunia. Pemenang akan menerima hadiah £30000 (Sekitar US$39000). 

Penyelenggara juga akan memilih Runner-up finalis dengan hadiah £1000 ditambah komisi £1000 untuk inklusi di Antologi Audible bagi naskah yang lolos seleksi. Entri ditutup pada 13 Desember.

Penguin Literary Prize

Kompetisi ini memiliki misi untuk menemukan dan mengembangkan literasi fiksi novelis Australia.

Untuk mendaftar, penulis harus menyerahkan sinopsis cerita yang telah dibuat, puncak masalah cerita dan naskah lengkapnya, dan belum dipublikasikan. 

Nilai hadiah yang ditawarkan sebesar AUD$20000 dengan pemenang akan menerima juga buku setiap bulan untuk satu tahun dan berpotensi untuk melakukan publikasi dengan Penerbit Penguin Random House Australia. 

Entri ditutup pada 13 Desember.

Amsterdam Open Random Book Prize

Kompetisi ini terbuka untuk berbagai manuskrip genre apapun dengan ketentuan panjang naskah antara 25 sampai 80 halaman. 

Perunutan plot, eksperimentasi, dan kolaboratif dari naskah yang diangkat akan menjadi nilai tambah. Naskah pemenang akan menjadi judul headline majalah edisi terbaru. 

Entri terakhir pada 15 Desember.

Sherwood Andeson Fiction Award

Lomba ini digagas oleh Mid-American Review dan terbuka untuk cerita yang panjang naskah sampai dari 6000 kata. 

Pemenang akan menerima US$1000 dan publikasi karya. 

Deadline pada 15 Desember.

James Wright Poetry Prize

Juga diadakan oleh Mid-American Review dan terbuka untuk 3 puisi setiap pendaftaran. Pemenang akan menerima US$1000 dan publikasi. 

Entri ditutup pada 15 Desember.

Columbia Journal’s Winter Contest

Akan memberikan penghargaan tiga tempat pertama kategori fiksi, non fiksi, dan puisi. Pemenang akan dihadiahi US$1000 dan publikasi. 

Setidaknya dua pemenang runner-up akan dipilih dalam masing-masing genre. 

Entri ditutup pada 15 Desember.

Iceland Writers Retreat

Lomba ini menerima karya sampai 350 kata yang terinspirasi oleh publikasi foto di masing-masing website. 

Pemenang akan menerima sebuah hadiah liburan di The Retreat dan akomodasi 4 malam di Radisson Blue Saga Hotel, Reykjavik. 

Penerimaan karya terakhir pada 16 Desember.

Ruth Rendell Short Story Competition

Terbuka untuk cerita pendek genre apapun dengan ketentuan panjang naskah sampai 1000 kata.

Kompetisi diadakan oleh InterAct Stroke Support, sebuah badan amal yang didedikasikan untuk mendukung pemulihan pasien stroke dengan menggunakan aktor profesional untuk menyampaikan bahan bacaan yang dipilih secara khusus sesuai dengan kebutuhan pasien stroke. 

Pemenang, yang akan dipilih oleh Margaret Drabble, akan menerima £ 1000 dan akan diminta untuk menulis empat cerita lebih lanjut untuk amal. 

Entri ditutup pada 22 Desember.

Danahy Fiction Prize

Kompetisi ini adalah penghargaan US $ 1.000 dan publikasi di Tampa Review yang diberikan setiap tahun untuk karya cerita pendek. 

Naskah antara 500 dan 5000 kata, tetapi cerita yang berada sedikit di luar kisaran ini juga akan dipertimbangkan. 

Setiap peserta menerima langganan satu tahun untuk Tampa Review. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

The Moth Poetry Prize

Adalah salah satu hadiah terkaya untuk satu puisi di dunia. Pemenang menerima € 10.000, dengan tiga runner-up masing-masing menerima € 1.000. 

Puisi bisa berupa genre apa saja. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

George Garret Fiction Prize

Adalah untuk koleksi novel atau cerita pendek dengan jumlah kata total antara 40.000 dan 120.000 kata. 

Dijalankan oleh Texas Review Press, pemenang akan menerima uang muka US $ 1.000, kontrak royalti standar, dan 20 salinan buku yang diterbitkan. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

Boulevard’s Short Fiction Contest for Emerging Writers

Terbuka untuk penulis yang belum menerbitkan buku fiksi, puisi, atau non-fiksi kreatif yang didistribusikan secara nasional. 

Cerita mungkin hingga 8000 kata dan sebelumnya tidak pernah diterbitkan. Pemenang akan menerima US $ 1500 dan ceritanya diterbitkan di majalah ini. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

River Styx Micro-Fiction Contest

Memberikan hadiah pertama sebanyak US $ 1.500. Penulis dapat mengirimkan cerita hingga 500 kata dan hingga tiga cerita dengan setiap entri. P

pemenang tempat pertama, kedua dan ketiga akan diterbitkan dalam edisi ke-104 River Styx. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

Laurence Goldstein Poetry Size

Dicanangkan oleh Michigan Quarterly Review. 

Juri untuk hadiah 2019 adalah Linda Gregerson dan pemenang akan menerima $ 500 plus publikasi di MQR. 

Entri ditutup pada tanggal 31 Desember.

Phyllis Smart-Young Prize in Poetry

Setiap tahun selalu diadakan oleh The Madison Review. Penyair harus menyerahkan tiga puisi, hingga total 15 halaman. 

Pemenang menerima US $ 1.000 dan publikasi. 

Entri ditutup pada 1 Januari. 

Chris O’Malley Prize in Fiction

Ajang ini juga ditawarkan setiap tahun oleh The Madison Review. Cerita yang menang akan diberikan US $ 1.000 dan publikasi. Entri mungkin hingga 30 halaman. Entri ditutup pada 1 Januari.

Bayou Magazine’s James Knudsen Prize for Fiction

Terbuka untuk naskah cerita yang belum diterbitkan hingga 7.500 kata termasuk kutipan novel jika pengajuan berdiri sendiri sebagai cerita pendek yang lengkap. 

Pemenang menerima US $ 1.000 dan semua pengiriman akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan. Entri ditutup pada 1 Januari.

Nowhere Magazine’s Fall Travel Writing Contest

Fokus mencari cerita yang memiliki indera tempat yang kuat. Entri dapat berupa fiksi, nonfiksi atau esai dan hadiah pertama adalah US $ 1000. 

Cerita harus antara 800 dan 5000 kata dan karya yang diterbitkan sebelumnya diterima. Entri ditutup pada 1 Januari.