9 Situs Freelance Terbaik untuk Bekerja dari Rumah

Situs freelance terpercaya untuk mencari uang dari rumah

Pernah tidak kamu terbesit ingin bekerja dari rumah, tetapi penghasilan tidak kalah banyak dari karyawan kantoran? Hal tersebut bukan lagi perkara sulit, asalkan kamu tahu caranya dan bagaimana untuk bisa memperoleh penghasilan dengan tepat.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai situs freelance yang bisa membantu kamu untuk menambah pemasukan harianmu. Tentu saja, kamu tidak perlu mengirimkan CV seperti halnya melamar pekerjaan pada umumnya. Yap, sebut saja pekerjaan sampingan atau freelance.

Teman-teman sudah tahu apa itu freelance ? Freelance adalah sebuah istilah untuk orang-orang yang bekerja di samping kegiatan utama mereka. Dapat dibilang ini adalah pekerjaan sambilan tanpa harus mengganggu kegiatan kalian dan tentunya dapat menghasilkan apabila kalian dapat bersungguh-sungguh menjalaninya.

Saat ini, untuk kita mencari pekerjaan sambilan tidak lagi sesulit dulu yang ‘kudu’ keliling sana-sini untuk mencari lowongan kerja sambilan. 

Untuk yang kuliah atau masih sekolah mungkin sudah cukup lumrah mengenal hal ini. Apalagi yang pernah berpengalaman dengan kecimpung dunia kuliah sambil bekerja. Yap, itu dulu, sekarang zaman sudah berbeda.

Freelance saat ini sudah memiliki banyak ranah dan bidang yang dapat digeluti. Banyak contohnya, dan seperti yang saya lakukan sendiri yakni berkecimpung dalam dunia tulis-menulis. 

Namun, perlu sobat ketahui bahwa freelance saat ini tidak hanya terbatas itu saja, ada banyak macamnya. Kamu yang berkecimpung dunia desain, membuat powerpoint, gambar bangunan, bahkan membuatkan paper juga terkadang sempat saya jumpai.

Namun, sekarang banyak situs penghubung freelancer dan hanya mengambil kerja keras anggotanya saja tanpa membayar seperser pun atau dikenal dengan istilah scamp. 

Oleh karena itu, kamu harus mengerti triknya untuk bisa memulai dunia kerja yang sifatnya part-time ini yang mana sudah berbasis dunia maya dan digital.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Secara Online dengan Menulis Artikel

Sekedar informasi, saya juga pernah menggeluti dunia freelance dengan join di salah satu situs terkemuka dunia freelance, yakni freelancer.com sejak saya masih di SMK, tepat ketika pertengahan kelas satu.

Saya awalnya tidak tahu bagaimana memanfaatkannya, apa saja yang bisa didapatkan di dalamnya. Namun, dengan adanya beberapa website freelance tersebut, memudahkan saya untuk menghubungkan dengan beberapa klien yang membutuhkan jasa saya.

Bahkan, saya sendiri berhasil mendapatkan $22 saat saya masih di kelas XI SMK. Yap, tentu saja perlu diingat, di masa-masa itu pun banyak tantangan yang saya hadapi dan tidak serta-merta saya dapatkan dengan mudah. Mengingat juga saya saat itu masih berstatus santri sehingga dalam menggunakan media internet dan digital masih terbatas, dan –sudahlah…

Sampai sekarang saya juga masih senang menggeluti dunia freelance ini meskipun tidak seaktif dulu dan sudah lulus dari sekolah serta masih berjuang, berproses menggapai cita. Jadi, sekarang fokus pada dunia blogging dan tulis-menulis. 

Namun, sekadar sharing pengalaman, saya ingin membagikannya, Berikut ini beberapa website untuk kamu yang ingin menjadi freelancer dan merupakan situs terpercaya dan bukan scamp. 

1. Upwork.com

Cara mencapatkan uang dari upwork

Dengan lebih dari 1,5 juta klien, upwork hampir menyediakan semua bidang untuk setiap pekerjaan freelance. 

Jenis pekerjaan ini mencakup baik proyek jangka pendek maupun jangka panjang, dengan sistem pembayaran per jam atau per proyek, dengan keterlibatan professional atau pun pemula. 

Kamu bisa mendapatkan sebuah proyek mulai dari yang mudah seperti pengetikan naskah, atau pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang super ribet seperti pembuatan program computer dan sebagainya.

2. Freelancer.com

cara mendapatkan uang dari freelancer

Tidak seperti platform lain, freelancer menawarkan jutaan proyek dengan memberikan kamu kesempatan untuk bersaing dengan freelancer lainnya dalam konteks memperlihatkan keahlian kamu.

Jika kamu kompetitif dan percaya diri dengan keahlian kamu, maka hal ini merupakan hal yang bagus untuk kamu bersaing di situs ini.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, dahulu saya pernah mendapat kepercayaan klien untuk membuat suatu proyek berupa proposal dengan bayaran per proyek $22. 

Ketika saya bersaing dengan beberapa peserta lain, menunjukkan masing-masing proposal kami dengan mengunggahnya, saya tidak percaya, -- saya sendiri sempat menangis terharu— karena saya mendapat kepercayaan dari klien saya tersebut. 

Dari situs ini pula saya belajar bahasa asing, sebab saya membuka akun saya untuk internasional. Dan kala itu saya mendapat klien tepatnya berasal dari New Zealand. 

Jadi, pemahaman kamu mengenai bahasa asing dan softskill yang kamu miliki menjadi nilai tambah bagimu ketika akan berkecimpung dalam situs ini.

Akan tetapi, meskipun kamu tidak lancer berbahasa inggris, kamu masih dapat bersaing dalam situs ini dengan mengambil beberapa proyek dalam negeri untuk memulainya.

Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa penggunaan interface dan friendly job yang dicari di situs ini mudah didapatkan. 

Kemudahan yang paling terasa adalah situsnya sudah menyediakan beberapa menu kolom pencarian yang dapat kamu setting sesuai dengan passion dan keahlian yang kamu miliki.

3. Guru.com

cara mendapatkan uang dari guru.com

Guru merupakan situs pencari kerja online yang menyediakan dua jenis member, yaitu free member dan paid member

Untuk kamu yang memilih menjadi free member, maka kamu tidak akan dipungut biaya untuk menjadi anggota di situs ini. 

Paid member adalah akun berbayar, tetapi fasilitas yang kamu dapatkan lebih baik daripada free member, seperti potensi untuk kamu mendapatkan job lebih besar dan rutin. 

Apapun jenisnya, setidaknya kamu bisa memaksimalkannya dan menekuninya serius, maka peluang pun akan selalu ada.

4. Toptal.com

cara mendapatkan uang dari toptal

Dengan pendekatan yang agak berbeda dengan situs lain, sesuai dengan namanya, situs freelance ini diperuntukkan untuk freelancer yang berpengalaman dan berbakat. Di mana untuk bisa menjadi member dalam situs ini, kamu harus melalui penyaringan terlebih dahulu. 

Ketika kamu berhasil menjadi member dalam situs ini, total akan memberikan kamu akses tidak terbatas ke proyek-proyek besar dari klien-klien terkenal, seperti JPMorgan, AirBnB, The Zendesk Suite, dan sebagainya. 

Dan tentu saja dengan bayaran yang besar, sebab tidak ada proyek dengan penawaran yang rendah di situs ini. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas toptal untuk pertemuan teknologi dan acara rutin mereka. 

Untuk kamu yang memiliki keahlian yang sangat baik dan jago bahasa inggris, maka toptal sangat saya rekomendasikan.

5. fiverr.com

cara mendapatkan uang dari fiverr

Fiverr adalah suatu platform kategori kreativitas termasuk penulis, fotografer, videografer, illustrator, pembuat film, produser, animator, dan lain-lain. 

Daftarkan jasa kamu dengan harga yang bisa kamu pilih sendiri dan konten bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlian kamu.

Platform ini sederhana dan dapat membantu kamu membangun reputasi yang baik sebagai seorang freelancer.

6. Sribulancer.com

cara mendapatkan uang dari sribulancer

Sribulancer merupakan situs freelancer lokal yang saat ini berusaha memasarkan secara global dengan tujuan mempertemukan klien dengan para freelancer yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Di sribulancer ada jaminan uang kembali apabila freelancer melanggar janji atau poin-poin yang telah disepakati sebelumnya. 

Karena sribulancer merupakan situs lokal, maka ada opsi pembayaran dengan cara transfer bank yang mana tentunya dapat memudahkan kamu dalam menerima pembayaran.

7. Projects.co.id

cara mendapatkan uang dari situs projects

Tidak berbeda dengan situs-situs freelance lain, di situs ini kamu dapat mendaftar sebagai member secara gratis. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan fitur afiliasi, yakni fitur di mana kamu dapat mengundang orang lain sebagai member dan apabila orang tersebut bergabung dan menyelesaikan sebuah job, maka anda pun akan mendapat komisi dari program afiliasi ini. 

Jadi, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini sebagai penghasilan sampingan kamu selain pekerjaan utamamu sebagai freelancer.

8. Sribu.com

cara mendapatkan uang dari situs sribu

Sribu adalah situs freelancer khusus untuk para desainer gambar, logo, banner, kaos, dan lain sebagainya. Masih satu keluarga dengan sribulancer dengan pemilik utamanya adalah Mas Rian. 

Namun, sribu.com ini dikhususkan untuk para freelancer job desain dan proyek desain. Bagi sobat yang jago desain gambar, logo, banner iklan, kartu nama, dan sebagainya, maka situs ini sangat saya rekomendasikan. Karena situs ini bersifat lokal, hal ini akan memudahkan kamu dalam proses penerimaan bayaran.

9. 99designs.com

cara mendapatkan uang dari situs 99design

Seperti halnya sribu.com, situs ini juga dikhususkan untuk freelancer desain gambar, tetapi untuk skala internasional. Dalam situs ini, memungkinkan anda bersaing untuk mendapatkan klien dan ketika klien memilih anda, maka anda akan mendapatkan feedback dari klien. 

Untuk memberikan peluang untuk desainer berbakat untuk membuktikan keahlian mereka serta mendapatkan penghasilan dari sana. Bisa juga untuk membangun sobat dalam mengembangkan portofolio sobat sejak awal.

Baiklah sobat, itu beberapa situs freelance yang bisa saya rekomendasikan agar membantu kamu untuk bisa mendapat penghasilan dari rumah. 

Semoga anda menjadi seorang freelancer yang sukses dalam bekerja di rumah. Satu lagi, apa pun pekerjaan yang kamu lakukan, kunci utamanya adalah jujur, tekun, dan professional, sehingga sukses bisa menghampiri kamu. Dan pastikan kamu memiliki rekening bank sobat.

Sebagai penutup hari ini, sobat lebih suka bekerja di kantoran atau bekerja dari rumah ? Untuk menjawabnya, bisa sobat tempel di kolom komentar ya, see you on the next article.