-->

10 Situs untuk Jual Karya Fotografi dan Desain Grafis bagi Pemula!


Cara mencari uang online

Suka atau hobi fotografi yang selama ini hanya sebatas konsumsi pribadi? Suka dan hobi desain juga editing? Berani untuk publikasi? Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, terutama di era saat ini yang marak dengan istilah 'ngepet online'.

Apabila kamu berani publikasi hasil karya fotografimu sendiri, maka kesempatan ini bisa menjadi ajang untuk mengenalkan karya-karya kamu.

Mungkin saja ada sebuah perusahaan fotografi atau desain perorangan yang tertarik dengan karya-karya kamu, kemudian mengajakmu kerja sama untuk mendapat izin publikasi produk-produk mereka dengan menggunakan hasil karya kamu, dan tentu saja kamu akan mendapat komisi dari hal itu.

Kunjungi Juga : Website yang Membayar untuk Menulis Artikel

Nah, selain dengan cara kontemporer seperti itu, ada beberapa website di mana hasil tangkapan foto kamu akan dibeli oleh mereka, asal tentu saja kamu menyetujui ketentuan dan syarat yang berlaku di masing-masing website tersebut.

Berikut ini beberapa situs untuk menjual karya fotografi dan desain grafis

123RF.com

123rf

Website ini merupakan salah satu panel fotografi yang menawarkan foto secara gratis seperti pixabay. Bedanya, di sini foto-foto tersebut diperoleh dari para contributor dan tentu saja dari unggahan itu, setiap kontributor akan mendapat komisi. 

Komisi yang akan didapatkan adalah 60% dari setiap foto yang kamu tawarkan di website. Dan sebelum membuat akun, pastikan kamu memiliki akun keuangan virtual, seperti paypal. Karena bentuk pembayarannya sendiri akan langsung dikirim melalui akun paypal dalam bentuk dolar yang nantinya dapat diuangkan melalui bank.

Dan satu hal lagi, untuk karya yang bisa kamu upload di website ini tidak hanya sebatas jepretan foto. Kamu juga bisa unjuk karya berupa desain, editing, dan lain-lain dalam bidang grafis. 

Pendaftaran di website ini cukup mudah. Kamu kunjungi link di atas, maka di bagian home yang muncul, akan ada menu sign up, nah klik menu tersebut untuk mendaftar.

Sekadar berbagi pengalaman, saya sendiri juga menjadi kontibutor di situs ini. Tawaran komisi yang cukup menggiurkan tentu juga menjadi aturan mengapa penyeleksian gambar atau karya kita sebelum sepenuhnya diposting di situs ini juga tidak mudah. 

Untuk itu, kamu tidak bisa sembarangan upload karya yang tidak digarap dengan baik. Kamu asal jepret foto tanpa mengedit terlebih dulu, tanpa menentukan fokus (angel) yang baik, bisa saja menjadi alasan karya kamu ditolak diterbitkan.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan yang terbaik, maka kamu juga harus memberikan karya yang paling baik.

Bigstockphoto.com

Bigstockphoto.com

Untuk website ini memiliki ketentuan yang hampir serupa dengan website 123RF. Bedanya hanya terletak pada komisi yang diberikan pada kita sebagai contributor. 

Baca juga: Situs Freelance untuk Mencari Uang Online

Di website ini, kamu akan mendapatkan komisi sebanyak 30% dari foto yang kamu tawarkan di website.

Canstockphotos.com

Canstockphotos.com

Can Stock Photo adalah penyedia stok fotografi yang melisensikan gambar, foto, ilustrasi digital, clip art gambar, dan file footage bebas royalti atas nama fotografer, ilustrator, dan videografer. Didirikan pada tahun 2004, itu adalah salah satu agen microstock paling awal.

Website ini memiliki sistem pembagian komisi yang sama. Kamu akan mendapatkan komisi 10-20% dari setiap foto yang terjual. 

Untuk harga setiap foto yang kamu unggah dan berhasil disetujui, maka hak sepenuhnya dari karya tersebut sepenuhnya tetap menjadi milik kontributor.

Depositphotos.com

Depositphotos.com
Depositphotos adalah platform online untuk konten bebas royalti dengan kantor pusat di New York, AS. Perusahaan ini didirikan oleh Dmitry Sergeev pada November 2009 di Kyiv, Ukraina. 
Arsip Depositphotos memiliki lebih dari 200 juta file, termasuk stok foto bebas royalti, gambar vektor, klip video, dan file editorial. 
Pada tahun 2012, arsip file Depositphotos melebihi 10 juta file dalam waktu kurang dari empat tahun dan dianggap sebagai salah satu bank foto dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Kamu dapat menjadi salah satu kontributor dalam situs ini dan mendapatkan komisi berdasarkan karya yang disetujui.
Pembayaran untuk setiap hasil karya foto yang kamu disetujui bervariasi, tergantung dari level kamu sebagai kontributor. Biasanya kamu akan mendapatkan pemasukan komisi 34 - 42%.

Dreamstime.com

Dreamstime.com

DreamsTime.com adalah penyedia microstock online bebas royalti yang memiliki kantor pusat di Brentwood, Tennessee. Platform ini didirikan oleh Sherban Enache pada tahun 2000.

Kamu dapat bergabung menjadi salah satu kontributor dan menyetorkan karya foto kamu. Di website dreamstime.com, kamu dapat menjual hasil karya kalian dan mendapatkan keuntungan komisi 25-60% dari setiap foto yang terjual.

Shutterstock.com

Shutterstock.com

Shutterstock merupakan platform stok grafis dan foto online yang cukup umum dikenal. Platform ini didirikan oleh seorang programmer dan fotografer, Jon Oringer, pada tahun 2003 yang berpusat di New York.

Website yang satu ini menjadi favorit saya kedua setelah website yang diulas pertama tadi. Kenapa? Tentu saja faktor yang utama karena kemudahan dan adanya pertanggungjawaban hak cipta yang kredibel dengan sistem royalti. 

Artinya, kita tidak bisa sembarangan upload foto imitasi yang bukan hasil sendiri atau plagiasi. Tentu saja, komisi yang ditawarkan cukup lumayan. Kamu akan mendapat komisi $0,25 hingga $28 per foto yang terdownload oleh klien.

Bayangkan saja, apabila karya yang kamu upload dihargai $1 dan sehari ada 10 orang download, maka kamu akan mendapat $10. Bayangkan sebulan pendapatan kamu berapa sobat, banyak bukan? Apalagi skalanya tidak hanya lokal atau pun nasional, tetapi internasional. 

Untuk harga yang ditawarkan tergantung kualitas dan popularitas kamu dalam website. Jadi, sering-sering saja update foto dan memberikan feedback di akun orang lain. Bisa lah semua dilakukan asalkan kamu konsisten dan benar-bendar mendalaminya.

Namun, perlu diingat kembali, harga yang besar juga ditentukan dari seberapa baik kualitas konten yang kamu tawarkan. Jujur saja, seleksi di situs ini untuk unggahan karya memang tergolong ketat.

Kamu harus bisa menyelaraskan foto, judul, dan tempatnya. Kamu tidak bisa mengunggah gambar yang spesifik dengan menyebut nama merek dan hal berkaitan dengan hak cipta. Fokus dan kualitas gambar juga menjadi salah satu perhatian editor dalam penyeleksian gambar.

Sekadar saran, sebelum mengunggah karya, pastikan kamu sudah mengganti nama foto sesuai dengan tema foto yang telah diambil. Kebiasaan umum yang menjadi kesalahan utama dalam mengunggah karya adalah kontributor lupa mengganti nama file.

Pastikan deskripsi gambar juga menggambarkan konsep foto atau karya kamu secara umum. Saya pengalaman menggunakan deskripsi yang spesifik, seperti nama nenek, kakek, atau nama benda dan akhirnya, ya bisa kamu tebak. Saya harus revisi kembali hingga berulang-ulang sebelum akhirnya bisa diterima. Huehehehehe....

Saya pernah mengisikan deskripsi foto singkat, tetapi sangat spesifik, tetapi akhirnya dapat diterima. Oleh karena itu, kamu bisa mengisinya tanpa penjelasan yang panjang dan isikan singkat saja.

Foap.com

Foap.com

Upload karya fotografi di website ini cukup sederhana karena tidak ada peraturan yang mewajibkan kamu untuk menggunakan kamera bagus, cukup gunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar.

Kamu akan mendapatkan komisi $5 untuk setiap fotomu yang berhasil terjual.

Crestock.com

Crestock.com

Untuk kamu yang mungkin pemula dan mencoba mencari situs untuk menjual karya foto kamu, tetapi minimal persaingan, maka kamu bisa mencoba dengan situs crestock.

Upload karya fotomu di website ini, dan setiap waktu fotomu terjual untuk kepentingan blogging dan website, kamu akan mendapat komisi 20 – 30% dari harga jual fotomu.

500px.com

500px.com

500px adalah platform berbagi foto online global yang merupakan anak perusahaan Visual China Group. Ini berbasis di Toronto, Kanada. 

Platform ini didirikan bersama oleh Oleg Gutsol dan Evgeny Tchebotarev pada 31 Oktober 2009.

beberapa foto dapat diunduh secara gratis, tetapi beberapa foto premium hanya dapat diunduh dengan menjadi member langganan. 

Kamu dapat menjadi kontributor di situs ini dan akan mendapatkan komisi 70% dari setiap hasil foto kamu yang terjual.

Smugmug.com

Smugmug.com

Pendapatan yang ditawarkan website ini mungkin yang tertinggi diantara website lainnya. Setiap foto kamu yang terjual, kamu akan diberi komisi 85% dari harga penjualan.

Selain shutterstock, smugmug merupakan situs kedua yang mungkin direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencari uang secara online melalui fotografi.

Itulah beberapa website yang bisa membantu untuk mencari pemasukan melalui hobi fotografi. Setiap website memiliki kebijakan masing-masing sob, jadi perhatikan betul ketentuan dan syarat-syaratnya supaya akun kamu aman dan tidak di-banned.

Semoga bermanfaat dan jika ada tambahan ulasan, saran, kritik, silahkan tempel di kolom komentar ya, see you in the next article. Untuk setiap link bisa kalian klik yang akan mengarah langsung pada website tujuan.

Apakah kamu membutuhkan bantuan konsultasi mengenai masalah atau mungkin kesempatan freelance ini?