-->

9 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

cara mendapatkan uang dari tiktok

Tiktok telah meluncurkan beberapa fitur dan penawaran di mana para penggunanya dapat memperoleh pendapatan lebih dari membuat sebuah konten berupa video.

Dengan lebih dari 800 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok menerima popularitas yang cukup menggelora. 

Tidak seperti Instagram, algoritma TikTok lebih dapat mendukung penggunanya yang memiliki konten sangat menarik untuk dilihat oleh pengguna lain selain dari followers asli.

Dan untuk lebih menarik banyak user baru, pada Juni 2020, TikTok memperkenalkan fitur "creator fund" di mana pengguna akan mendapatkan uang apabila konten yang dibuat viral.

Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok dengan membuat konten viral, serta beberapa tips supaya konten viral di TikTok.

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula

Cara mendapatkan uang dari TikTok sebenarnya cukup sederhana. Dapat dikatakan bahwa prosesnya mungkin terkadang untung-untungan.

Saya sendiri cukup memiliki pengalaman yang sangat ajaib, karena pada dasarnya konten yang tidak sengaja dibuat dan menurut saya biasa, justru memiliki likes dan views yang banyak.

Bagaimana cara membuat konten viral di TikTok sehingga bisa mendapatkan uang?

Untuk memahaminya, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami mengenai TikTok, terutama beberapa istilah umum sehingga kamu dapat memanfaatkan platform dengan sebaik-baiknya.

Fitur dasar TikTok

fitur dasar tiktok


Ada beberapa fitur dasar TikTok yang perlu dipahami sehingga kamu dapat mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok secara maksimal. Adapun fitur-fitur dasar TikTok untuk content creator yang fokus mencari uang dari TikTok adalah sebagai berikut:

  • The Tiktok Creator Fund: Metode yang dimiliki TikTok untuk memberi kompensasi kepada pengguna tertentu untuk konten.
  • TikTok Coins: Mata uang dalam aplikasi yang dapat digunakan untuk "memberi tip" kepada pembuat konten.
  • TikTok Pro Account: Akun khusus yang menampilkan analitik tambahan untuk pembuat konten.
  • Creator Marketplace: Platform milik TikTok yang membantu merek menemukan pembuat konten untuk berkolaborasi dengan konten bersponsor.
  • Platform Advertising: Pengguna melihat iklan setelah melihat beberapa video, atau saat membuka aplikasi.

Berapa banyak uang yang diperoleh dari Tiktok?

Sebelum membahas lebih spesifik seputar cara mendapatkan uang dari TikTok, saya akan berikan sedikit informasi perkiraan uang yang dapat diperoleh dari membuat konten viral di TikTok.

Kita dapat mengambil beberapa contoh content creator yang telah berhasil mengumpulkan uang dari TikTok.

Dari kelas atas, ada Tori Dunlap, seorang praktisi keuangan dan karier yang diakui secara Nasional di Amerika Serikat memutuskan untuk meluncurkan akun TikTok.

Dalam sebuah wawancara dengan Making Sense of Cents, Dunlap menguraikan bagaimana dia berhasil mengembangkan akun TikTok-nya dari 0 menjadi 350.000 pengikut dan menghasilkan $60.000 selama enam minggu pertama.

Sebelum memulai akun TikTok, Dia memang telah memiliki cukup terkenal dan memiliki banyak pengikut. 

Lalu, bagaimana dengan seseorang yang benar-benar memulai semuanya dari 0 dan tidak terkenal seperti halnya Dunlap?

Jake Sweet — alias @Surfaceldn di TikTok — merupakan salah satu contoh content creator yang benar-benar memulai semuanya dari 0. Ia seorang mahasiswa berusia 21 tahun yang telah mengumpulkan lebih dari 3 juta pengikut di Tiktok dan telah memiliki penghasilan yang cukup stabil.

Penghasilan yang Ia dapatkan dari TikTok diakuinya sangat cukup untuk membeli kebutuhan makan sehari-hari. Namun, ia lebih fokus menggunakan sebagian besar dana yang dia hasilkan untuk membeli alat peraga untuk membuat konten video mendatang.

Ada beberapa niche lain yang cukup populer di TikTok, seperti dance, konten komedi, atau bahkan memasak. Niche-niche ini cukup populer untuk membuat kamu cepat dikenal sebagai content creator. Namun, penting diingat bahwa pastikan kamu menyukai bidang konten yang akan kamu buat.

Selain itu, ada beberapa orang juga menghasilkan uang dari Tiktok secara tidak langsung. Misalnya, Jen Ruiz (@jenonajetplane di TikTok) dikutip mengatakan: 

“Directly, you can make money through the Creator Fund, gifts during live sessions, sponsorships through the Creator Marketplace and apps that pay you to promote new music. Indirectly, I use TikTok to drive traffic to my site, boost ad revenues, drive book sales and make affiliate sales. I got 10k+ views to my website last week alone from TikTok.”

Meskipun Ruiz tidak secara spesifik menyebutkan berapa penghasilannya dari TikTok, tetapi ia telah meninggalkan kariernya sebagai pengacara untuk menjadi travel blogger dan menggunakan TikTok sebagai bagian utama dari strategi bisnisnya.

Jadi, jelas kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok dan menjadi full-time content creator saat benar-benar konsisten membuat konten dan pastikan bahwa kontennya benar-benar menarik.

Baca juga: Situs Freelance untuk Mencari Uang secara Online

9 Cara mendapatkan uang dari Tiktok

Berikut ini 9 cara mendapatkan uang dari Tiktok untuk pemula yang bisa kamu coba ikuti. Strategi berikut dapat kamu aplikasikan secara maksimal apabila kamu benar-benar mengenal kemampuan apa yang kamu kuasai.

1. Mendapatkan uang secara langsung dari Tiktok

Cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan memanfaatkan platform Creator Fund yang baru diluncurkan.

Dana ini didirikan oleh TikTok untuk mendorong pengguna aplikasi membuat konten viral, tetapi secara spesifik berapa bayarannya tidak jelas. Seperti halnya Snapchat (yang memiliki dana serupa), siapa yang dipilih dan berapa bayarannya ditentukan oleh perusahaan.

Karena itu, pembuat TikTok dapat mendaftar untuk menjadi salah satu creator dan disetujui untuk platform Creator Fund jika memenuhi kriteria berikut:
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Berbasis di Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, atau Inggris.
  • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut dengan lebih dari 10.000 penayangan video dalam 30 hari sebelum mendaftar.
  • Memiliki akun yang memenuhi pedoman komunitas TikTok.
  • Menjadi bintang TikTok dengan lebih dari 10.000 pengikut dapat memakan waktu lama jika yang kamu lakukan hanyalah merekam video pendek sesekali. Jadi, metode penghasilan langsung ini adalah salah satu strategi tersulit dalam daftar ini.

Namun, platform ini juga memberikan salah satu peluang penghasilan paling stabil jika kamu diterima dalam program ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak ada jumlah yang ditetapkan per tampilan atau per video. TikTok mengklaim mereka memutuskan berapa banyak pembuat konten dibayar berdasarkan tampilan, keterlibatan, dan “faktor lain.” Namun, beberapa pembuat konten melaporkan penghasilan sekitar 2-4 sen per 1.000 tampilan.

Sebagai perspektif, Charli D'amelio (@charlidamelio di TikTok) — yang memiliki lebih dari 108 juta pengikut dan 8,6 miliar suka — rata-rata sekitar 30 juta tampilan per video.

Secara spekulatif, itu berarti dia bisa mendapatkan sekitar $600 per video.

Perlu dicatat bahwa Charli D'amelio adalah salah satu pembuat video paling populer di TikTok. Mengingat tingkat pembayaran inilah, beberapa orang tidak terlalu berharap dalam program ini.

2. Mengumpulkan donasi

Cara mencari uang dari TikTok memang memiliki cukup banyak strategi, salah satunya melalui donasi. Cara ini dapat memberikan penghasilan yang cukup besar apabila dapat menjadi konten trending di Tiktok.

Praktiknya sendiri seperti beberapa pengguna yang telah mengalami kecelakaan, atau yang mengajukan petisi untuk suatu alasan, akan meninggalkan tautan GoFundMe di profil mereka dan meminta dukungan, dengan harapan bahwa tujuan mereka berakhir di depan audiens utama dan menerima banyak likes.

Ada tiga jenis item virtual di TikTok:

  • Coins: Pengguna dapat membeli koin menggunakan uang mereka sendiri dan menukarkannya dengan hadiah di aplikasi.
  • Gifts: Barang virtual, dibeli dengan koin, yang dapat dipegang pengguna untuk pembayaran.
  • Diamonds: Mata uang yang menjadi hadiah ketika diberikan kepada pembuat konten oleh pengguna umum — mereka dapat ditukarkan dengan uang sungguhan.

Adapun harga per koin, berikut ini adalah biaya untuk satu koin per Februari 2021:

Koin virtual tiktok

TikTok Gift dapat diberikan pada creator yang melakukan live streming, yang mana terjadi ketika terjadi konversi Diamonds.

Perlu diingat bahwa Diamonds dapat dikonversikan menjadi uang nyata.

Diamonds bernilai setengah koin sehingga 70 Diamond bernilai $0.50. Oleh karena itu, banyak content creator yang telah populer memilih menggunakan cara ini karena dinilai paling menghasilkan untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Berikut ini proses langkah-langkahnya dari pengalaman beberapa content creator yang telah menggunakan strategi ini:

  • Content creator dapat memulai live do TikTok dan membuat beberapa konten di akunnya.
  • Viewers yang melihat konten tersebut dan menilai konten tersebut menarik dapat memberikan donasi gift (yang telah dibeli sebelumnya oleh pengguna menggunakan koin).
  • Berdasarkan tingkat Gift yang diberikan oleh viewers, TikTok akan mengalokasikannya dalam jumlah Diamond dan mengirimkannya ke creator.
  • Creator dapat menukar Diamonds tersebut dengan uang cash dan mengirimkannya ke Paypal atau akun wallet lain yang didukung.

3. Memaksimalkan Tiktok Marketplace

Tiktok Creator Marketplace adalah sebuah platform di mana merek dapat terhubung dengan content creator. Platform ini dapat membantu kamu mendapatkan uang dari Tiktok dengan membuat video bersponsor.

Content creator yang telah memiliki banyak pengikut cukup diuntungkan dengan adanya platform ini, terutama yang memiliki niche spesifik. 

Selain membantu meningkatkan penjualan dari pihak sponsor, content berkualitas yang mampu membuat viewers mengingat jenis produk sponsor juga membantu meningkatkan kesadaran produk (brand awareness) yang sangat penting di bidang pemasaran.

Selain itu, platform ini juga menyediakan data analitik data tentang akun pembuat konten yang dapat membantu merek menemukan kecocokan terbaik untuk memasarkan produk mereka.

Oleh karena itu, beberapa content creator yang cenderung memiliki niche spesifik, seperti memasak atau olahraga, banyak memanfaatkan potensi influencer dan pemasaran afiliasi dari program ini sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok.

4. Mempromosikan musik baru

Untuk artis musik pendatang baru, Tiktok dapat menjadi salah satu aplikasi yang memberikan dampak besar dalam proses mencari attention dari user yang tersebar di seluruh dunia.

Meskipun hal dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi pihak ketiga yang membayar cukup banyak uang bagi creator populer untuk menambahkan lagu ke video, seperti PlaylistPush.

Sekarang ini, strategi ini dapat menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok di mana aplikasi pihak ketika membayar untuk para content creator populer yang telah menambahkan lagu ke dalam video yang telah dibuat.

Atau, akun musisi TikTok telah meningkat dan banyak artis baru muncul di platform, memanfaatkan popularitas mereka untuk mendapatkan pengikut / streamer di situs-situs, seperti Apple Music dan Spotify.

Beberapa bahkan telah mempertaruhkan kesuksesan dengan memanfaatkan TikTok mereka menjadi salah satu ajang untuk memopulerkan musik yang telah direkam.

5. Menjadi Tiktok Influencer

Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang sangat bagus untuk para influencer, seperti halnya Twitter dan Instagram.

Addison Rae (@addisonre) mungkin adalah salah satu contoh terbaik yang telah mengaplikasikan strategi ini. Sementara dia menjadi bagian dari program Crerator Fund, ia juga meluncurkan pakaian dengan mereka Addison.

Konten influencer yang sering kali ia buat berkaitan dengan Brand ini. Selain itu, influencer lain juga sering terlibat dalam beberapa campaign mendapatkan uang dari Tiktok dengan cara berikut:

  • Pemasaran afiliasi
  • duta merek
  • Acara yang disponsori
  • Postingan bersponsor (Sponsored Post)

TikTokers yang bekerja melalui agen sponsor merek biasanya mengenakan biaya sekitar 1-2 sen per tampilan sponsored post yang merupakan tarif yang jauh lebih tinggi daripada Tiktok Creator Fund.

Mereka yang tidak bermitra dengan agensi (yang biasanya merupakan influencer yang lebih besar) diketahui dapat menghasilkan pendapatan tetap sekitar $200 hingga $2.000 per sponsored post. Tentunya hal ini juga bergantung di negara mana kamu tinggal dan konten yang kamu buat relevan.

6. Mendorong trafik ke akun aplikasi selain Tiktok

Creator biasanya tidak mengarahkan traffik ke platform lain dalam video mereka secara langsung, melainkan dapat menautkan Instagram atau YouTube ke akun mereka. Untuk saat ini, hanya dua itu platform media sosial alternatif yang diizinkan di TikTok.

Namun, Kamu juga dapat menambahkan tautan ke situs web kamu sendiri di bio akun kamu. Strategi ini memungkinkan untuk mempromosikan tautan melalui konten yang telah dibuat, mengarahkan pengguna ke platform tempat kamu dapat memanfaatkan pemasaran afiliasi (atau menjual produk dan layanan), seperti blog.

Selain itu, creator gamers juga sering mengunggah klip sorotan mereka dari video game dalam upaya untuk mengarahkan traffik  ke saluran Twitch atau YouTube mereka, yang merupakan salah satu contoh cara mendapatkan uang dari Tiktok.

7. Mempromosikan jasa

Mempromosikan jasa adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Tiktok yang juga sangat potensial dalam membangun brand jasa yang kamu miliki.

Salah seorang Creator, Heater Felix mengatakan tips yang cukup sederhana:

“[A] creator I’m friendly with, who makes fashion videos, offers personal styling advice for a fee and has a sizable client base and income now.”

 Seorang creator tanpa nama yang disebutkan oleh Felix merupakan salah satu contoh pembelajaran bagaimana memasarkan konten dengan niche tertentu sesuai jasa yang ditawarkan.

Sebagai contoh, seorang desainer grafis membuat konten bagaimana membuat gambar digital menggunakan software tertentu dan membuka kelas untuk para followers serta viewers yang berminat.

Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu jalan bagaimana mendapatkan uang dari Tiktok yang fokus pada marketing jasa.

8. Mengelola Tiktok Campaign Ads untuk bisnis

Tiktok adalah platform konten video yang memiliki audience utama para remaja, meskipun pada akhirnya juga menjamah para orang tua dan anak-anak.

Tentunya hal ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, terutama pembuatan konten yang juga mengandalkan konten iklan.

Pengguna Tiktok di Indonesia sendiri ada sekitar 30,4 juta pengguna yang aktif menonton video di Tiktok. Jadi, dari sudut pandang digital marketing, fakta ini merupakan salah satu ladang potensial untuk memulai mengenai bisnis dari Campaign Ads.

Dari sinilah kamu bisa mendapatkan uang dari Tiktok, yakni dengan menjadi konsultan konten iklan berbayar di Tiktok.

Mengelola Tiktok Ads merupakan salah satu pekerjaan manajemen sosial media terbaik untuk para freelancer karena dapat menghasilkan pendapatan yang paling tinggi jika dibandingkan platform lain.

Kampanye iklan berbayar (Campaign Ads) dapat berdampak langsung pada laba klien — yang berarti mudah untuk menghubungkan pekerjaan yang kamu lakukan untuk mereka dengan jumlah uang yang telah klien buat. Dengan demikian, manajer iklan yang handal dapat menentukan tarif yang signifikan dalam mengelola iklan.

9. Menjadi konsultan/manajer Tiktok

Dengan tema yang sama seperti di atas, beberapa pengguna TikTok yang sukses beralih ke pekerjaan sebagai konsultan dan/atau manajer untuk pengguna lain yang kurang berpengalaman.

Misalnya, orang atau merek akan sering mempekerjakan seseorang untuk membantu mereka menjalankan akun TikTok mereka dan mengembangkannya ke tingkat yang baru.

Untuk menjadi konsultan atau manajer, kamu memerlukan pengalaman kerberhasilan yang terbukti dalam memaksimalkan campaign penggunaan platform.

Tips untuk meningkatkan konten Tiktok supaya viral

Pada akhirnya, terlepas dari strategi monetisasi yang kamu pilih, jumlag penayangan adalah segalanya. Pembuat onten kTikTok perlu memperhatikan video dan profil mereka jika mereka menginginkan kesempatan untuk membuat sesuatu di platform. 

Menumbuhkan bisnis  dan pengikut TikTok untuk akun yang kamu buat, maka dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti platform media sosial lainnya, dengan beberapa strategi dasar:
  • Gunakan tagar populer dengan ribuan pengikut di postingan sebanyak mungkin.
  • Berkolaborasi dengan pengguna lain yang ada di niche TikTok yang kamu kelola.
  • Konsisten dan tetap berpegang pada tema untuk profil akun kamu (ini akan membantu kamu membangun dan meningkatkan jumlah audiens).
  • Manfaatkan efek dan aspek menyenangkan lainnya dari layar pembuatan video TikTok .
  • Pastikan gambar profil kamu ramah dan, jika mungkin, mencerminkan isi akun.
  • Meskipun kamu dapat memposting video selama satu menit, tetap gunakan video yang lebih pendek kecuali jika tema profil kamu memerlukan lebih banyak detail.
  • Gunakan lagu populer di video karena hal ini akan meningkatkan kemungkinan video muncul di beranda pengguna lain.
Di atas segalanya, fokuslah untuk meningkatkan traffik ke profil kamu. Strategi bermanfaat lainnya berpusat pada hubungan dengan audiens di tingkat yang lebih dalam. Lagi pula, tidak ada yang mau mendukung seseorang yang berpura-pura pengikutnya tidak ada. 

Jangkau pengikut kamu dengan membuat live streaming dan dan tanyakan konten apa yang ingin mereka lihat untuk kemudian dibuat. 

Semua tips ini semoga dapat membantu kamu perlahan-lahan dapat mulai mengembangkan akun TikTok kamu menjadi bisnis yang menguntunkan dan bermanfaat.

Hai, Kami menyediakan ruang #curhatonlinegratis untuk setiap masalah yang kamu alami. Yuk, kunjungi ruang curhat online - 🔗

 

Cerita menginspirasi teman-teman kami bisa kamu baca di halaman Daily Life