-->

9 Website Freelance Online Terbaik untuk Pemula

 Website freelance online

Apakah kamu sedang mencari kesempatan kerjaan online yang bisa dilakukan dari rumah atau ingin mencari kerjaan freelance sambil kuliah? 

Hal tersebut bukan lagi perkara sulit dan bisa kamu lakukan, asalkan kamu tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan tepat.

Nah, kali ini saya akan mengulas beberapa website freelance online yang bisa membantu kamu untuk menambah penghasilan tanpa harus mengganggu pekerjaan.

Apa itu freelance?

Kamu sudah tahu apa itu freelance

Freelance adalah sebuah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang bekerja di samping kegiatan utama mereka, di mana umumnya dapat dikerjakan dengan waktu yang fleksibel. Dapat dikatakan bahwa freelance merupakan pekerjaan sambilan tanpa harus mengganggu kegiatan utama dan tentunya dapat menghasilkan apabila kamu dapat bersungguh-sungguh menjalaninya.

Freelance saat ini sudah memiliki banyak ranah dan bidang tertentu yang dapat digeluti. Banyak contohnya, dan seperti yang saya lakukan sendiri yakni berkecimpung dalam dunia tulis-menulis atau istilah yang sering digunakan yakni content writer.

Selain content writer, ada pula istilah copywriter, yaitu jenis profesi penulis yang fokus pada menulis konten sambil menggaet customer secara halus, istilahnya begitu. 

Perlu kamu ketahui bahwa freelance saat ini tidak hanya terbatas itu saja, ada banyak macamnya. Misalnya, desain grafis, membuat powerpoint, gambar desain bangunan, desain kendaraan, bahkan membuatkan paper.

Namun, sekarang ini banyak juga situs penghubung freelancer dan hanya mengambil kerja keras anggotanya saja tanpa membayar seperser pun atau dikenal dengan istilah scamp. 

Oleh karena itu, kamu harus memahami triknya untuk bisa memulai dunia kerja yang sifatnya part-time ini yang mana sudah berbasis dunia maya dan digital.

Baca Juga: Kirim Artikel Dapat Uang

Website freelance online

Sekadar informasi, saya juga pernah menggeluti dunia freelance dengan join di salah satu situs freelance terpercaya, yakni freelancer.com sejak masih di SMK, tepat ketika pertengahan kelas satu.

Saya awalnya tidak tahu bagaimana memanfaatkannya, apa saja yang bisa didapatkan di dalamnya. Namun, dengan adanya beberapa website freelance tersebut, memudahkan saya untuk menghubungkan dengan beberapa klien yang membutuhkan jasa saya.

Bahkan, saya sendiri berhasil mendapatkan $22 pertama saat saya masih di kelas XI SMK. Yap, tentu saja perlu diingat, di masa-masa itu pun banyak tantangan yang saya hadapi dan tidak serta-merta saya dapatkan dengan mudah. Mengingat juga saya saat itu masih berstatus santri sehingga dalam menggunakan media internet dan digital masih terbatas.

Namun, sekadar sharing pengalaman, saya ingin membagikannya, Berikut ini beberapa website untuk kamu yang ingin menjadi freelancer dan merupakan situs terpercaya dan bukan scamp. 

1. Upwork.com

Cara mencapatkan uang dari upwork

Dengan lebih dari 1,5 juta klien, upwork hampir menyediakan semua bidang untuk setiap pekerjaan freelance. 

Jenis pekerjaan ini mencakup baik proyek jangka pendek maupun jangka panjang, dengan sistem pembayaran per jam atau per proyek, dengan keterlibatan professional atau pun pemula. 

Kamu bisa mendapatkan sebuah proyek mulai dari yang mudah seperti pengetikan naskah, atau pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang super ribet seperti pembuatan program computer dan sebagainya.

2. Freelancer.com

cara mendapatkan uang dari freelancer

Tidak seperti platform lain, freelancer menawarkan jutaan proyek dengan memberikan kamu kesempatan untuk bersaing dengan freelancer lainnya dalam konteks memperlihatkan keahlian kamu.

Jika kamu kompetitif dan percaya diri dengan keahlian kamu, maka hal ini merupakan hal yang bagus untuk kamu bersaing di situs ini.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, dahulu saya pernah mendapat kepercayaan klien untuk membuat suatu proyek berupa proposal dengan bayaran per proyek $22. 

Ketika saya bersaing dengan beberapa peserta lain, menunjukkan masing-masing proposal kami dengan mengunggahnya, saya tidak percaya, -- saya sendiri sempat menangis terharu— karena saya mendapat kepercayaan dari klien saya tersebut. 

Dari situs ini pula saya belajar bahasa asing, sebab saya membuka akun saya untuk internasional. Dan kala itu saya mendapat klien tepatnya berasal dari New Zealand. 

Jadi, pemahaman kamu mengenai bahasa asing dan softskill yang kamu miliki menjadi nilai tambah bagimu ketika akan berkecimpung dalam situs ini.

Akan tetapi, meskipun kamu tidak lancer berbahasa inggris, kamu masih dapat bersaing dalam situs ini dengan mengambil beberapa proyek dalam negeri untuk memulainya.

Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa penggunaan interface dan friendly job yang dicari di situs ini mudah didapatkan. 

Kemudahan yang paling terasa adalah situsnya sudah menyediakan beberapa menu kolom pencarian yang dapat kamu setting sesuai dengan passion dan keahlian yang kamu miliki.

3. Guru.com

cara mendapatkan uang dari guru.com

Guru merupakan situs pencari kerja online yang menyediakan dua jenis member, yaitu free member dan paid member

Untuk kamu yang memilih menjadi free member, maka kamu tidak akan dipungut biaya untuk menjadi anggota di situs ini. 

Paid member adalah akun berbayar, tetapi fasilitas yang kamu dapatkan lebih baik daripada free member, seperti potensi untuk kamu mendapatkan job lebih besar dan rutin. 

Apapun jenisnya, setidaknya kamu bisa memaksimalkannya dan menekuninya serius, maka peluang pun akan selalu ada.

4. Toptal.com

cara mendapatkan uang dari toptal

Dengan pendekatan yang agak berbeda dengan situs lain, sesuai dengan namanya, situs freelance ini diperuntukkan untuk freelancer yang berpengalaman dan berbakat. Di mana untuk bisa menjadi member dalam situs ini, kamu harus melalui penyaringan terlebih dahulu. 

Ketika kamu berhasil menjadi member dalam situs ini, total akan memberikan kamu akses tidak terbatas ke proyek-proyek besar dari klien-klien terkenal, seperti JPMorgan, AirBnB, The Zendesk Suite, dan sebagainya. 

Dan tentu saja dengan bayaran yang besar, sebab tidak ada proyek dengan penawaran yang rendah di situs ini. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas toptal untuk pertemuan teknologi dan acara rutin mereka. 

Untuk kamu yang memiliki keahlian yang sangat baik dan jago bahasa inggris, maka toptal sangat saya rekomendasikan.

5. fiverr.com

cara mendapatkan uang dari fiverr

Fiverr adalah suatu platform kategori kreativitas termasuk penulis, fotografer, videografer, illustrator, pembuat film, produser, animator, dan lain-lain. 

Daftarkan jasa kamu dengan harga yang bisa kamu pilih sendiri dan konten bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlian kamu.

Platform ini sederhana dan dapat membantu kamu membangun reputasi yang baik sebagai seorang freelancer.

Baca juga: Website Jual Fotografi dan Desain Grafis

6. Sribulancer.com

cara mendapatkan uang dari sribulancer

Sribulancer merupakan situs freelancer lokal yang saat ini berusaha memasarkan secara global dengan tujuan mempertemukan klien dengan para freelancer yang sedang membutuhkan pekerjaan.

Di sribulancer ada jaminan uang kembali apabila freelancer melanggar janji atau poin-poin yang telah disepakati sebelumnya. 

Karena sribulancer merupakan situs lokal, maka ada opsi pembayaran dengan cara transfer bank yang mana tentunya dapat memudahkan kamu dalam menerima pembayaran.

7. Projects.co.id

cara mendapatkan uang dari situs projects

Tidak berbeda dengan situs-situs freelance lain, di situs ini kamu dapat mendaftar sebagai member secara gratis. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan fitur afiliasi, yakni fitur di mana kamu dapat mengundang orang lain sebagai member dan apabila orang tersebut bergabung dan menyelesaikan sebuah job, maka anda pun akan mendapat komisi dari program afiliasi ini. 

Jadi, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini sebagai penghasilan sampingan kamu selain pekerjaan utamamu sebagai freelancer.

8. Sribu.com

cara mendapatkan uang dari situs sribu

Sribu adalah situs freelancer khusus untuk para desainer gambar, logo, banner, kaos, dan lain sebagainya. Masih satu keluarga dengan sribulancer dengan pemilik utamanya adalah Mas Rian. 

Namun, sribu.com ini dikhususkan untuk para freelancer job desain dan proyek desain. Apabila kamu jago desain gambar, logo, banner iklan, kartu nama, dan sebagainya, maka situs ini sangat saya rekomendasikan. Karena situs ini bersifat lokal, hal ini akan memudahkan kamu dalam proses penerimaan bayaran.

9. 99designs.com

cara mendapatkan uang dari situs 99design

Seperti halnya sribu.com, situs ini juga dikhususkan untuk freelancer desain gambar, tetapi untuk skala internasional. Dalam situs ini, kamu dapat bersaing untuk mendapatkan klien. Sistem dalam website freelance ini adalah ketika klien telah memilih kamu, maka kamu akan mendapatkan feedback dari klien. 

Kesempatan ini memberikan peluang bagi desainer berbakat serta membuktikan keahlian yang dimiliki melalui pengembangan portofolio.

Itulah beberapa website freelance online yang bisa saya rekomendasikan agar membantu kamu untuk bisa mendapat penghasilan dari internet. 

Semoga kamu dapat menjadi seorang freelancer yang sukses dalam bekerja di rumah. Satu lagi, apa pun pekerjaan yang kamu lakukan, kunci utamanya adalah jujur, tekun, dan professional, sehingga sukses akan datang ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

Apakah kamu tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut? Kami menyediakan ruang #curhatonlinegratis untuk setiap hal yang kamu alami dan ingin ketahui. Yuk, kunjungi ruang curhat online - 🔗

 

Cerita menginspirasi teman-teman kami bisa kamu baca di halaman Daily Life.

You may like these posts

1 comment

  1. admin
    99designs dari dulu hingga sekarang
  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>